Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Memahami Sistem Pendidikan di Negara Kanada

 Berdasarkan wilayah, Kanada adalah negara terbesar kedua di dunia, setelah Rusia. Ini adalah negara yang penuh dengan keindahan tanpa akhir yang terdiri dari 10 provinsi dan 3 wilayah, membentang dari Samudra Atlantik sampai ke Samudra Pasifik dan ke Samudra Arktik. Pendidikan di Kanada sangat baik, dan bisa dibilang salah satu yang terbaik di dunia dengan sistem pendidikan publik yang didanai dengan baik dan kuat.

Hal Mendasar dalam Memahami Sistem Pendidikan di Negara Kanada

Untuk sebagian besar, anak-anak di Kanada menghadiri taman kanak-kanak selama satu atau dua tahun pada usia empat atau lima tahun karena pilihan. Sekolah kemudian menjadi wajib sejak kelas satu, yang cenderung pada usia enam tahun.

Tergantung pada provinsi, sekolah naik ke kelas 11 atau 12, umumnya sampai usia 16 tahun. Anak-anak kemudian memiliki pilihan apakah akan melanjutkan ke pendidikan tinggi di universitas, perguruan tinggi atau Kampus.

Struktur Sistem Pendidikan Kanada


Meskipun bervariasi dari satu provinsi ke provinsi lain, secara umum, orang Kanada harus bersekolah sampai usia 16 tahun, dan terdiri dari empat tingkatan.

 1. Pra-sekolah dasar

 Pra-sekolah dasar atau 'taman kanak-kanak' adalah tahap pertama pendidikan di Kanada dan ditawarkan kepada anak-anak antara usia empat hingga lima tahun sebelum mereka mulai sekolah dasar. Di New Brunswick dan Nova Scotia, ini wajib, sementara di tempat lain itu opsional.

 Mereka ditawarkan oleh sekolah negeri, swasta atau federal, tergantung di mana Anda memilih untuk mengirim anak Anda. Di sebagian besar wilayah, tahun pertama sekolah pra-sekolah dasar bersifat umum dan gratis, sementara provinsi tertentu menawarkan tahun tambahan gratis, seperti Quebec yang menawarkan taman kanak-kanak gratis bagi mereka yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah atau untuk anak-anak cacat.

Kurikulum pengajaran yang diajarkan di pra-sekolah dasar di Kanada bersifat santai, dan merupakan kesempatan bagi siswa muda untuk mempelajari alfabet, keterampilan dasar seperti berhitung, pra-membaca, musik, seni, dan cara bermain dengan orang lain. Program-program ini dirancang khusus untuk mempersiapkan anak-anak untuk langkah mereka selanjutnya: sekolah dasar!

2. Pratama


Pendidikan dasar atau sekolah dasar di Kanada wajib bagi anak-anak, dimulai dari kelas 1, umumnya pada usia 6 atau 7 tahun, dan berlanjut hingga kelas 6 pada usia 11 hingga 12 tahun.

 Di Kanada, siswa pada tahap pendidikan ini cenderung hanya memiliki satu guru yang mengajar mereka semua mata pelajaran di kelas yang sama, dengan siswa yang sama. Kelas pendidikan khusus juga tersedia.

 Kurikulum pra-sekolah dasar mencakup mata pelajaran seperti membaca, matematika, bahasa Inggris (Prancis di Quebec), sejarah, sains, musik, studi sosial, pendidikan jasmani, dan seni. Kesulitan kursus meningkat seiring kemajuan siswa di kelas.

3. Sekunder

 
Pendidikan menengah di Kanada memiliki dua tingkatan: sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Sekolah menengah pertama atau pendidikan menengah mengikuti segera setelah menyelesaikan sekolah dasar. Ini adalah tahap pendidikan dua tahun yang mencakup kelas 7 dan 8.

 Dua tahun ini memberikan siswa kesempatan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pergantian kelas dan guru sepanjang hari. Tujuan dari tahap ini adalah untuk membantu siswa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk langkah pendidikan berikutnya, dengan kesulitan kursus yang diperkirakan akan meningkat pesat.

 Sekolah menengah adalah bagian terakhir dari pendidikan menengah yang datang ketika siswa mencapai kelas 8, dan mereka tinggal di tahap ini selama 4 tahun, sampai kelas 11 atau 12 (usia 16-18, tergantung pada keadaan siswa dan provinsi).

Siswa diwajibkan oleh hukum untuk tetap bersekolah sampai usia 16 tahun, terlepas dari kelas berapa mereka saat mencapai usia tersebut.

Di Ontario dan New Brunswick, undang-undangnya adalah bahwa siswa harus tetap bersekolah sampai usia 18 tahun atau sampai mereka berhasil memperoleh ijazah sekolah menengah atas. Di Quebec, pendidikan menengah berakhir di kelas 11, yang umumnya diikuti oleh program pra-universitas dua tahun yang dikenal sebagai Cegep.

Sekolah menengah Kanada telah merancang kurikulum mereka dengan cermat dan cermat untuk mempersiapkan siswa sebaik mungkin untuk pendidikan tinggi. Beberapa provinsi bahkan menawarkan pelatihan kerja di tingkat sekolah menengah.

4. Pendidikan Pasca-Sekolah Menengah

 Perguruan Tinggi dan Universitas

 Setelah lulus dari sekolah menengah, siswa Kanada diberi kesempatan untuk mendaftar ke perguruan tinggi dan universitas. Perguruan tinggi di Kanada umumnya mengacu pada perguruan tinggi komunitas yang lebih kecil atau sekolah perdagangan tertentu. Banyak siswa di Kanada akan kuliah untuk lebih mempersiapkan diri mereka ke universitas dan memperoleh kredit yang dapat ditransfer.

Universitas di Kanada adalah tempat untuk pendidikan tinggi di mana gelar akademik dapat diperoleh dalam berbagai mata pelajaran dalam struktur yang mirip dengan Amerika Serikat, dimulai dengan gelar sarjana, kemudian gelar master, dan akhirnya gelar PhD sebagai yang tertinggi tingkat pendidikan.

Untuk universitas dan perguruan tinggi negeri, sebagian besar didanai oleh pemerintah provinsi dan sisanya dibayar dengan biaya kuliah minimal, serta hibah penelitian dan sebagian dari pemerintah federal juga.

Jenis Pendidikan Lain di Kanada

1. Sekolah Kejuruan


Selain community college yang menawarkan pelatihan kejuruan, siswa juga diberi kesempatan untuk belajar keterampilan atau kejuruan di sekolah teknik yang tersebar di seluruh Kanada. Bertahun-tahun yang lalu, program semacam itu tidak mengharuskan siswa untuk memiliki ijazah sekolah menengah, tetapi banyak hal telah berubah dalam beberapa tahun terakhir.

Sekolah kejuruan memungkinkan siswa Kanada untuk mempelajari perdagangan khusus yang mereka minati dan mendapatkan pengalaman kehidupan nyata di bawah supervisor yang profesional dan berkualitas.

2. Sekolah Swasta

Sekolah swasta juga tersedia di Kanada, yang berarti bahwa mereka adalah sekolah yang tidak didanai oleh pemerintah, dan sering kali datang dengan label harga yang mahal. Ini adalah pilihan orang tua dan siswa untuk memutuskan apakah ini adalah investasi yang berharga bagi mereka untuk dibuat atau tidak.


Beberapa orang tua merasa seolah-olah anak-anak mereka membutuhkan kelas yang lebih kecil, perhatian yang lebih khusus, atau ingin mengirim mereka ke sekolah tertentu karena alasan pribadi. Di Quebec, mereka yang tidak ingin belajar bahasa Prancis dan mampu membelinya akan sering memilih sekolah swasta.
 

3. Sekolah Agama

Mereka yang ingin menyekolahkan anaknya ke sekolah agama di Kanada sebagian besar harus menyekolahkannya di lembaga swasta, selain sekolah Katolik tertentu. Sekolah-sekolah ini mengajarkan baik kurikulum sekolah reguler maupun ajaran agama yang terkait dengan agama tertentu sekolah.

Usia Wajib Belajar
Usia wajib belajar bervariasi dari satu provinsi ke provinsi lainnya di Kanada. Yang termuda berusia lima tahun dan naik hingga tujuh tahun (Manitoba) untuk secara hukum harus bersekolah.

16 umumnya adalah tahun terakhir di mana siswa harus tetap bersekolah secara hukum, namun provinsi tertentu mengharuskan siswa Kanada untuk tetap bersekolah hingga usia 18 tahun, seperti Nova Scotia, New Brunswick, dan Manitoba.

 Provinsi Mana yang Berbeda dengan Sistem Standar?
Sementara di sebagian besar provinsi Kanada, sistemnya agak standar, Quebec melakukan hal-hal yang sedikit berbeda.

Bukannya tinggal di SMA sampai kelas 12 seperti kebanyakan tempat, siswa lulus SMA di kelas 11, dan kemudian melanjutkan studi di perguruan tinggi lain yang dikenal dengan nama Cegep. Program 2 tahun ini dimaksudkan untuk menawarkan siswa kesempatan untuk menguji air ketika datang ke pilihan karir, dan memiliki transisi yang lebih mudah ke universitas.

Bahasa Apa yang Diajarkan di Kelas di Kanada?
Dua bahasa resmi Kanada adalah Inggris dan Prancis. Siswa internasional diberi pilihan untuk memutuskan belajar dalam salah satu bahasa, dan banyak sekolah di Kanada menawarkan studi dalam kedua bahasa tersebut.

Di sebagian besar Kanada, bahasa Inggris adalah bahasa utama pendidikan tingkat sekolah, meskipun bahasa Prancis banyak digunakan di seluruh Kanada. Namun, di provinsi Quebec, siswa diwajibkan untuk bersekolah sepenuhnya dalam bahasa Prancis sampai mereka menyelesaikan studi sekolah menengah mereka, dan hanya dalam keadaan khusus tertentu seorang siswa Kanada dapat belajar dalam bahasa Inggris, misalnya mereka yang berada di Quebec untuk sementara waktu waktu.

 Pada umumnya pendatang dan pendatang di Quebec harus bersekolah dalam bahasa Prancis dan hanya diberi kesempatan untuk belajar bahasa Inggris dengan bersekolah di sekolah swast

Post a Comment for "8 Cara Memahami Sistem Pendidikan di Negara Kanada"