Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

THE LEGENDA OF SUMUT COFFEE THAT CANNOT BE FORGETTED, 5 Reasons for Typical North Sumatran Coffee to Go International, Let's Go for a Coffee to North Sumatra, wonderfull


 

Keajaiban alam Sumatra Utara memang tak bisa diragukan lagi. Selain salah satu destinasi super prioritas Danau Toba yang memesona, Sumatra Utara memiliki potensi alam lainnya yang tak kalah membanggakan, misalnya melalui hasil alamnya berupa kopi. Cita rasa yang unik nan menggoda kopi dari Provinsi Sumatra Utara mampu menyihir para penikmat kopi di Indonesia maupun di penjuru dunia. SUMATERA Utara selama ini terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari Danau Toba, Berastagi, Nias hingga Bukit Lawang dan Tangkahan. Tapi mungkin orang-orang di luar Sumatera Utara belum tahu banyak bahwa Sumatera Utara juga memiliki daya tarik lain: kopi. Pecinta kopi seharusnya memiliki alasan untuk mengunjungi provinsi yang satu ini dikarenakan Sumatera Utara memiliki beragam potensi di bidang kopi yang sudah sepatutnya digali.

Nah, kira-kira ada kopi apa aja ya di Sumatra Utara? Ini dia informasi selengkapnya!

1. Kopi Sipirok

Dominasi rasa rempah pada kopi sipirok cukup kuat, berbeda dengan jenis kopi kebanyakan yang lebih dominan rasa buahnya. Aromanya pun tercium sangat khas arabika yang pekat. Ciri lain dari kopi sipirok adalah rasa pahit yang kental dengan rasa sedikit manis karena tingkat keasamannya yang rendah. Buat Sobat Pesona yang ingin mencicipi kopi tapi memiliki masalah asam lambung, kopi sipirok bisa jadi pilihan yang aman untuk dicoba, nih!

2. Kopi Mandailing

Sejak tahun 1980-an, kopi mandailing sudah dikenal sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi mandailing pertama kali ditanam di Kawasan Mandailing Natal, tepatnya di daerah Pekantan. Namun, Sobat Pesona juga bisa menemukan perkebunan kopi mandailing di kawasan Mandailing Natal lainnya seperti di Desa Simpang Banyak dan Desa Pagur, dan di kawasan lain seperti di Tapanuli, Pakpak, serta Tanah Karo. Kopi mandailing memiliki citarasa khas yang digemari oleh para pencinta kopi dunia, yaitu tingkat keasaman yang rendah dan tingkat kekentalan yang tinggi. Sementara itu, jenis kopi yang paling disukai dari kopi mandailing adalah kopi arabika dan tentunya ditemani kue tradisional yang luar biasa enaknya di kabupaten mandailing natal ini.



3. Kopi Tarutung

Nama kopi ini berasal dari tempat asalnya, yaitu Tarutung yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Kopi ini umumnya terbagi menjadi dua jenis yaitu kopi arabika dan robusta. Keistimewaan kopi tarutung tersimpan pada kualitas rasa dan aromanya nih, Sobat Pesona. Kopi tarutung didominasi rasa pahit, gurih, dan sedikit asam. Uniknya, aroma kopi ini pun sangat spesial, dengan wangi yang berbeda-beda karena terpengaruh oleh berbagai tanaman yang tumbuh di sekitarnya dan juga ditemani pemandangan wisata di tarutung dan makanan khas kacang sihobuk jadi cocok di coba guys.

4Kopi Lintong

Rekomendasi kopi khas dari tanah Toba lainnya yang patut dicoba adalah kopi lintong. Nama kopi lintong diambil dari nama asal daerahnya, yaitu Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara. Karakteristik yang dimiliki oleh kopi jenis arabika ini adalah teksturnya yang lembut dan aromanya yang tajam. Kopi lintong memiliki rasa yang khas, yaitu perpaduan rasa pedas, herbal, rempah, kacang, dan coklat. Kopi ini cocok banget lho, untuk jadi teman Sobat Pesona saat menikmati pemandangan Danau Toba yang memukau, ada kaldera danau toba, bukit gibeon dan bukit sibisa yang baru diresmikan tentunya kalian yang dari luar kota jangan takut bandara internasional sudah ada di kab toba ini dan tentukan pesonamu di panoraa danau toba dengan kopi lintong.

5. Kopi Sidikalang

Sobat Pesona pasti sudah kenal dong, dengan salah satu primadona kopi dari tanah Batak yang satu ini? Apalagi kalau bukan kopi sidikalang! Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari daerah Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Kopi sidikalang tumbuh di Bukit Barisan yang berhawa sejuk dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Kopi sidikalang memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan jenis kopi lainnya dan aromanya tidak terlalu kuat, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh siapa pun!

Mengunjungi Perkebunan Kopi

    Diberkatilah tanah Sumatera Utara yang di beberapa wilayahnya menjadi lahan terbaik tempat tumbuhnya kopi dengan suburnya. Jika kamu seorang pecinta kopi, rencanakanlah single origin trip ke berbagai perkebunan kopi di Sumatera Utara. Daerah-daerah Sidikalang, Berastagi dan sekitar Tanah Karo, serta Samosir menjadi tujuan menarik buat kamu yang ingin terjun langsung melihat kebun kopi. Tak hanya itu, kamu juga bisa bertemu langsung petani dan ikut melakukan panen raya jika waktu kedatangan kamu pas dengan waktu panen. Perkebunan yang tersebar di Sumatera Utara luas dan banyak sekali. Jadi pastikan kamu tidak mengunjungi provinsi yang satu ini dalam waktu singkat ya.

Post a Comment for "THE LEGENDA OF SUMUT COFFEE THAT CANNOT BE FORGETTED, 5 Reasons for Typical North Sumatran Coffee to Go International, Let's Go for a Coffee to North Sumatra, wonderfull"